Senin, 19 Mei 2008

Definisi antara Hacker dan Cracker


DEFINISI ANTARA HACKER & CRACKER
Hal yang paling penting di dunia Internet dan yang dapat disebut pengendali Internet adalah Situs Internet (Website), karena situs Internet adalah tempat yang memungkinkan semua orang saling bertukar informasi dengan mudah dan ringan , simple dan dengan standar yang sama melalui Internet
Tapi ada banyak penjahat di dalam dunia internet namun hal itu sangat diinginkan oleh setiap orang yang menginginkan atau merusak data –data yang kita punya, seperti dicuri secara diam – diam (Dibobol) karenanya banyak orang yang ingin meyelamatkan data nya dari internet agar tidak dirusak ataupun dibobol oleh orang lain.
Maka yang melakukan hal semacam itu biasa disebut hacker, Tapi disisi lain orang lain malah salah kaprah mengenai Hacker dan Cracker, yang mereka pikirkan itu sebuah penamaan untuk orang yang membobol mekanisme dan kinerja komputer orang lain. Hal itu pula lah yang kemudian menggiring kesadaran saya untuk mencoba berpetualang di dalam internet . Dalam arena chatting / fs , saya pernah menanyakan baik hacker maupun cracker adalah para penyusup yang harus di waspadai keberadaanya. Saya adalah seorang siswa yang sangat ingin menguasai pengetahuan internet tapi saya bukan orang yang termasuk sebagai hacker maupun cracker., Walaupun pada akhirnya menjadi tertarik untuk sekedar tahu aktifitas dan karakteristik mereka (para hacker & cracker) sebagai suatu ilmu yang menarik dalam dunia IT dalam zaman yang modern saat ini.
Lalu, definisi bahwa seorang hacker bukanlah orang yang jahat seperti yang kita pikirkan selama ini. Ya, jika mereka memang bisa masuk kedalam komputer kita (malalui jaringan internet) karena mereka bisa menguasai data- data dan ilmunya. Namun jika ada orang yang kemudian masuk secara ilegal kedalam komputer kita dan kemudian "mencuri dan mengacak-ngacak" data kita, baru mereka disebut CRACKER.. Dan bisa jadi mereka adalah seorang hacker dalam dunia yang berbeda. Dengan kata lain, mereka semua adalah para ahli dalam hal teknologi informasi ini dan berkecimpung serius .
Dan dapat saya simpulkan bahwa seorang Hacker adalah dia yang membangun sistem, sementara seorang Cracker malah "menghancurkannya".
Jadi Bukanlah sifat seorang hacker apabila diberi kepercayaan memegang pediriannya di sebuah server malah memanfaatkannya untuk kegiatan cracking. Atau bahkan kemudian menyerang dan menghancurkan server dari dalam ,Hacker bukanlah orang dengan nickname, screenname atau handlename yang lucu,unik dan cool .
Hacker adalah sebuah reputasi dalam internet, mereka bangga dengan pekerjaan yang dilakukan dan ingin pekerjaan itu di kenal dengan nama mereka yang sebenarnya. Hacker tidaklah harus orang komputer, karena konsep hacking adalah para pembelajar sejati, orang yang penuh antusias ,dan pantang menyerah terhadap pekerjaannya dan tidak pernah menyerah karena gagal.
Dan Para hackerlah yang kemudian memperkenalkan internet, membuat program sistem operasi yang unik hingga bisa digunakan saat ini. Dan para hacker pula lah yang telah berjasa dalam menjalankan World Wide Web(WWW) sehingga dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia di belahan manapun dia berada asal terkoneksi pada internet.

Dan ,seiring berlalunya waktu, makna dari Hacking mulai meluas ,bahkan menyalahi- dari makna yang sebenarnya.
Hacking.'Hacker' punya pengertian tersendiri tentang Hacking.
Hacking adalah suatu bentuk pola pikir dan teknik pemecahan masalah yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama dan terkadang terkesan unik.
bisakah kita menjadi seorang hacker?

menurut saya menjadi hacker tidaklah semudah yang anda bayangkan ,Langkahnya adalah:
· Pelajari bahasa pemprograman.
· Pelajari dan kembangkan salah satu Unix OpenSource.
· Pelajari hal-hal baru.
· Selalu gunakan logika.
· Ikuti perkembangan teknologi dan informasi.
· Ketahui hal-hal yang belum diketahui.
· Terus Belajar
· Mengabdi kepada budaya Hacker
bahasa pemrograman ,seperti : C/C++, Java, Perl, Phyton & LISP. Hubungan yang baik antar sesama Hacker dibentuklah sebuah aturan main/kode etik.
Setiap jawara Hacker haruslah selalu menjalankan kode etik, walaupun tidak ada kewajiban dalam menjalankannya. Namun dalam dunia maya, melanggar kode etik adalah suatu hal yang sangatmemalukan. Ingatlah, Hacker memiliki ingatan yang baik, sekali saja anda melanggar kodeetik, maka untuk kembali dan berinteraksi dengan kelompok nya dibutuhkan waktu yang sangat lama.
Dengan melakukan hal dengan baik walaupun hal yang kecil,berarti anda telah mengabdi kepada budaya Hacker itu.

Edited By Yoga Satria Pratama,sbi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar